Mencegah Kabut Asap Masuk Rumah

Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan belum juga usai, malah mulai melebar ke beberapa derah seperti di Papua. Akibat dari kebakaran itu warga Kalimantan dan beberapa daearah bahkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand kena dampak asap pekat yang disebabkan oleh kebakaran hutan.

Kabut asap tersebut sangat menganggangu kesehatan jika sampai terhirup baik melalui hidung atau mulut. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak bantuan datang dari berbagai lapisan masyarakat seperti pembagian masker serta bantuan dari beberapa negara untuk memadamkan kebakaran.

Nah, jika daerah anda juga terkana kabut asap ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar partikel-partikel asap tidak masuk ke rumah.

Caranya, seperti yang disampaikan Nila F Moeloek, menteri kesehatan Republik Indonesia adalah dengan menutup ventilasi rumah menggunakan kain basah. Dengan cara ini, maka partikel-partikel tidak masuk ke rumah.


Sedangkan jika menggunakan tabung oksigen, Moeleok menyarankan agar dalam pengawasan dokter. Pengguna oksigen diharapkan memperhatikan ukuran penggunaan  oksigennya, di mana penggunannya harus pas tidak boleh kelebihan atau kekurangan. Jika kelebihan atau kekuarangan, malah akan merusak paru-paru.

0 Response to "Mencegah Kabut Asap Masuk Rumah"

Posting Komentar

Popular Posts