Orang Tua, hati-hatilah! Ada Mata Pelajaran Yang Mengajarkan Kekerasan!

Pendidikan menjadi salah satu sarana untuk sebuah bangsa menuju kehidupan yang berperadaban. Untuk itu, Undang-undang RI mengamanatkan peningkatan kecerdasan kehidupan bangsa, salah satunya melalui lebga pendidikan bernama sekolah.


Di sekolah, di ajarkan mata pelajaran yang bertujuan untuk menambah pengetahuna peserta didik sehingga bisa dijadikan bekal dalam menjalani kehidupan yang sesuai dengan adat dan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dibentuklah kurikulum pendidikan Nasional dengan berpegang teguh pada Pancasila.

Namun demikian, rencana tinggallah rencanan manakala ditemukan sebuah isi mata pelajaran yang mengajarkan kekerasan dan rasis yang dalam hal ini jauh bertentangan dengan nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia yang pluralis Kurikulum 2013. Materi tersebut berada dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI.

Selain dalam mata pelajaran tersebut, Mendikbud Anies baswedan menyebutkan juga banyak ditemukan materi yang kontroversial dalam beberapa mata pelajaran yang diterapkan di Sekolah.


Berdasarkan hal tersebut, di sinilah urgensi peran orang tua untuk ikut serta mendampingi proses belajar mengajar anak dengan cara ikut membaca materi-materi yang di ajarkan yang apabila ditemukan kontroversi, bisa memberikan penjelasan yang baik kepada anaknya.

0 Response to "Orang Tua, hati-hatilah! Ada Mata Pelajaran Yang Mengajarkan Kekerasan!"

Posting Komentar

Popular Posts