5 Negara Dengan Tradisi Mudik

Lebaran telah usai namun masih menyisakan sisa-sisa tradisi khas lebaran yaitu mudik ke kampung halaman masing-masing. Tampaknya ritual mudik ini merupakan ritual wajib bagi mereka yang berada di perantauan dalam upaya berkumpul merayakan hari kemenangan bersama dengan keluarga tercinta. Namun, tradisi mudik tersebut ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja akan tetapi juga dimiliki oleh beberapa Negara di belahan dunia lain. Kami telah berhasil merangkum beberapa negara yang memiliki ritual mudik seperti Indonesia. Yuk, cari tahu negara mana saja yang memiliki ritual mudik.
5 Negara Dengan Tradisi Mudik

1.       China
Sebagai salah satu Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini, ritual mudik juga mereka jalani ketika perayaan Imlek telah datang. Sama halnya dengan Idul Fitri, Imlek juga dirayakan bersama dengan keluarga tercinta. Bisa Anda bayangkan saat masyarakat Cina berbondong-bondong mudik ke kampung halaman? Pasti akan sangat macet bukan?
2.       Korea
Setiap perayaan Chuseok yang terjadi pada bulan ke 8 pada hari ke 15 yang merupakan hari libur nasional. Warga Korea akan melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul bersama keluarga. Malam sebelum perayaan mereka akan membuat kue khas yaitu Songpyeon berupa kue beras dengan isi kacang dan wijen.
3.       India
Mudik di India dilakukan pada saat perayaan festival Diwali yang jatuh saat bulan Oktober atau November. Perayaan ini merupakan ajang berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, tak heran jika menjelang perayaan Diwali stasiun kereta di India telah full dengan lautan manusia.
4.       Bangladesh
Sama halnya dengan Indonesia, mudik kerap dilakukan oleh masyarakat Bangladesh saat mendekati hari raya Idul Fitri. Dan moda kereta api menjadi pilihan menarik karena jalanan Bangladesh yang rusak dan tidak nyaman untuk perjalanan darat.
5.       Malaysia
Negara yang masih serumpun dengan Indonesia ini juga memiliki ritual mudik setiap perayaan Idul Fitri yang dinamakan dengan ritual balik kampung. Ritualnya pun mirip dengan Indonesia yaitu akan membeli perlengkapan Lebaran dan saling memaafkan saat lebaran tiba.
Ternyata mudik tidak hanya dirasakan oleh kita masyarakat Indonesia. Di negara lain mereka pun melakukan ritual mudik hanya untuk berkumpul dengan keluarga pada perayaan besar.

0 Response to "5 Negara Dengan Tradisi Mudik"

Posting Komentar

Popular Posts