4 Keutamaan Lailatul Qadar

Berita2Populer.com - Lailatul Qadar sering disebut pula malam seribu bulan, malam yang penuh dengan keutamaan yang sangat dinantikan oleh umat Islam karena hanya datang satu kali setiap tahun, yakni pada bulan Ramadhan.


Pada malam itu, banyak sekali keutamaan yang diturunkan oleh Allah kepada umat manusia, salah satunya adalah nilai ibadah yang akan dinilai ibadah selama lebih dari seribu bulan.

Banyak yang meyakini bahwa Lailatul Qadar datang pada tanggal 20 Ramadhan ke atas sehingga pada malam itu banyak orang Islam yang meningkatkan kualitas ibadahnya. Dibawah ini adalah 4 Keutamaan malam Lailatul Qadar.

Waktu diturunkannya al-Qur’an
Al-Qu’an adalah ktab suci agama Islam. Pada malam lailatul Qadar-lah Al-Qur’an diturunkan secara utuh dari Lauhul Mahfush ke baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia, sebagaimana hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas: "Allah menurunkan Alquran secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia".

Malam yang Penuh Keberkahan
Pada malam lailatul Qadar, Allah menurunkan keberkahan, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur;an surat ad Dukhon ayat 3 yang artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan".

Turunnya Para Malaikat
Malaikat adalah ciptaan Allah yang suci dan terbebas dari dosa. Pada malam  lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an surat al-Qadar ayat 4 yang artinya: "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril". (QS. Al Qadar: 4).

Malam Yang Lebih Baik dari Seribu Bulan
Malam Lailatul Qadar adalah malam seribu bulan, dimana orang yang melakukan kebaikan seperti melakukan kebaikan seribu bulan atau lebih. Allah SWT berfirman dalam Surat al-Qadar ayat 3 yang artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dariseribu bulan".

0 Response to "4 Keutamaan Lailatul Qadar"

Posting Komentar

Popular Posts