Sanduk Ruit Nepal Berhasil Sembuhkan 100 Ribu Orang dalam 5 Menit

Berita2Populer.com - Hanya dalam 5 menit, Sanduk Ruit, dokter yang berasal dari Nepal ini, telah berhasil menyembuhkan tidak kurang 100 ribu orang yang bermasalah dengan matanya. Oleh banyak orang ia disebut-sebut sebagai Dewa Penglihatan karena kemampuannya bisa membuat mata banyak orang sembuh. Sanduk Ruit punya dedikasi yang tinggi untuk membantu banyak orang miskin yang bermasalah dengan matanya. Ia bertekad untuk membantu siapa saja yang ada dalam kemiskinan dan terganggu dengan penglihatannya. Sisa hidupnya ia habiskan untuk melakukan niat positifnya ini.


Sanduk Ruit Nepal Berhasil Sembuhkan 100 Ribu Orang dalam 5 Menit

Niat yang sangat baik itu bukan tanpa upaya. Keinginannya untuk membantu sesama tersebut membuatnya harus menemukan cara yang paling singkat, karena banyaknya pasien mata datang ke rumahnya. Berbondong-bondong pasien datang untuk mengatasi masalah matanya. Bagi orang yang terganggu penglihatannya maka Sanduk Ruit akan melakukan sayatan kecil pada mata pasien untuk mengambil katarak sebagai pengganggu mata. Setelah selesai maka ia akan menggantinya dengan lensa buatan dengan harga yang murah. Tak lupa ia juga mengajarkan banyak dokter mata untuk bisa mengobati mata orang. Harapannya sangat indah, agar banyak orang buta bisa melihat.

Advertisement

Untuk merealisasikan cita-citanya yang mulia itu, maka ia mendirikan sebuah rumah sakit mata bernama 'Tilganga' di Kathmandu. Rumah sakit mata itu ai dirikan pada tahun 1994 bersama seorang dokter mata dan dermawan Australia Fred Hollows. Rumah sakit ini secara khusus membantu orang untuk mengatasi masalah matanya. Rumah sakit ini juga melakukan produksi lensa mata untuk membantu siapa saja yang memiliki gangguan pada matanya baik itu katarak atau miopia. Lensa mata tersebut telah diekspor ke tiga puluh negera di dunia.

Jika pasien tidak mampu untuk datang ke ruma sakit maka Ruit bersama timnya melakukan keliling ke banyak tempat di Nepal. Dalam keadaan darurat, tidak ada tempat untuk melakukan pengobatan, ia bisa menggunakan ruang kelas dan kandang ternak yang dipakai sebagai ruang operasi mata.

Adalah merupakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya jika tim perawatan mata tim Sanduk Ruit ini sukses menyembuhkan mata orang-orang. Ketika orang bisa melihat dunia kembali dan pasien bisa bernapas lega karena penglihatannya kembali seperti semula membuat tim ini sangat bahagia. Ekspresi kebahagiaan dan mengharukan saat melakukan operasi sempat diabadikan oleh seorang Fotografer Australia Michael Amendolia. Ia telah mengabadikan perawatan mata secara keliling ke banyak tempat sejak awal 1990. Dari banyak koleksi foto yang ia abadikan adalah momen-momen penting di mana pasien lega dan bersyukur karena matanya kembali normal.

Foto seorang pria Korea Utara telah berumur 80 tahun adala termasuk salah satu foto yang sangat menyentuh. Kurang lebih sudah 10 tahun ia tidak bisa melihat dunia karena matanya terkena katarak. Ketika ia melakukan operasi pada tim Ruit ini, ia bersyukur sekali karena berhasil melihat anaknya kembali untuk pertama kali setelah 10 tahun.

Apa yang dilakukan oleh Sanduk Ruit dan timnya adalah contoh yang patut ditiru dan diteladani oleh kita semua, terutama oleh dokter. Ia secara mengabadikan dirinya untuk kehidupan manusia di muka bumi. Semoga.

0 Response to "Sanduk Ruit Nepal Berhasil Sembuhkan 100 Ribu Orang dalam 5 Menit"

Posting Komentar

Popular Posts