Ternyata, Bukber Memiliki Beberapa Manfaat, Apa Sajakah?

Berita2Populer.com - Marhaban Ya Ramadhan. Bulan yang selalu dinanti bagi umat muslim di seluruh dunia, memang memiliki banyak berkah. Selama bulan Ramadhan, umat muslim memang diwajibkan melakukan puasa selam satu bulan. Selain memberikan banyak pahala kepada yang menjalaninya, puasa juga menyehatkan, karena asupan lemak jahat, kolesterol akan berkurang. Nah, bila kita berbicara tentang puasa di bulan Ramadhan, pasti selalu berkaitan erat dengan buka bersama atau bukber. Yap, seperti namanya, buka bersama dilakukan lebih dari satu orang. Buka bersama bisa dilakukan di mana saja, bisa di rumah bersama keluarga, bisa juga di luar bersama dengan kerabat atau teman-teman tercinta. Nah, kegiatan buka bersama ini memiliki manfaat yang positif bagi kita lho. Ingin tahu, simak beberapa ulasan mengenai manfaat dan hikmah di balik buka puasa bersama.

Bukber Memiliki Beberapa Manfaat

1. Bertemu dengan kawan lama

Buka bersama memang ada yang bertema reuni. Kita dapat bertemu dengan teman lama kita sewaktu sekolah atau pun kuliah dulu. Biasanya, untuk bertemu kawan lama memang sangat sulit, karena banyak pekerjaan yang harus dikerjakan pada bulan-bulan biasa. Nah, oleh karena itulah mengapa acara bukber atau buka bersama terkadang sekaligus sebagai acara reuni tahunan. Biasanya juga, seseorang yang bertemu temannya yang sudah lama tidak bertemu akan merasa pangling, karena terkadang sosok teman yang mereka kenal dulu di bangku sekolah, berubah drastis. Hal inilah yang menjadikan acara bukber selalu diminati setiap bulan Ramadhan. Pada acara ini, juga bisa dijadikan ajang sharing tentang hal apapun, seperti keluarga, pekerjaan dan hal yang lain yang ingin dibahas. Selain itu, kita juga bisa bernostalgia mengenai masa-masa sekolah atau kuliah dengan teman-teman lama kita

2. Mempererat Tali Silaturahmi

Salah satu hal yang paling baik dari umat muslim adalah mempererat tali silaturahmi. Kita bisa menjalin persaudaraan kita dengan seseorang yang sudah lama kita kenal. Biasanya, tali silahturahmi akan sementara terputus akibat dari kesibukan masing-masing. Ada yang kerja di luar kota, luar pulau, atau bahkan di luar negeri. Oleh karena itu, mempererat tali silaturahmi perlu dilakukan setiap ada kesempatan. Salah satunya adalah melalui acar buka bersama ini. Terkadang ada juga yang akan melangsungkan hajatan, seperti pernikahan. Hal ini juga dapat menambah keratan tali silaturahmi karena kita juga dapat bertemu keluarga dari teman kita yang menikah tadi. 

3. Meningkatkan solidaritas

Solidaritas merupakan arti lain dari kekompakan. Kekompakan timbul karena intensitas kita yang sering bertemu dengan kerabat atau berbagai kelompok. Lewat acara bukber atau buka bersama, solidaritas akan timbul kembali setelah terjalin kekompakan. Seringnya, berkat acara bukber yang sekaligus reunion, solidaritas akan timbul kembali. Kita akan sering berkumpul bersama lagi, seperti masa-masa dulu. Solidaritas juga memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah jika kerabat kita sedang terkena musibah, lewat acara bukber ini, kita juga bisa saling membantu teman atau kerabat kita yang sedang mengalami musibah. Sekian pembahasan mengenai manfaat dan hikmah di balik buka puasa bersama.

0 Response to "Ternyata, Bukber Memiliki Beberapa Manfaat, Apa Sajakah?"

Posting Komentar

Popular Posts