Ayam Cemani Yang Langka, Harganya Mencapai Rp 32 Juta

Berita2Populer.com - "Hitam" mungkin untuk sebagian orang hitam adalah warna yang tidak disukai. Tapi dengan hewan yang satu ini tidak, namanya ayam Cemani. Ayam Cemani adalah ayam yang berwarna hitam.  Memang banyak hewan yang berwarna hitam. Di antaranya adalah beruang hitam, gorila hitam, ada keturunan anjing dan kucing yang berwarna hitam. Tapi binatang-binatang itu hanya bulunya saja yang hitam. Kalau ayam Cemani memang beda dengan yang lain. Dan ini yang menjadi daya tarik orang untuk membeli ayam Cemani hingga $2.500 atau kalau dalam uang Rupiah saat ini sekitar Rp 32 juta.




Yang unik adalah warna hitam pada ayam Cemani tidak hanya luarnya saja. Tapi bahkan hitam itu mewarnani seluruh tubuhnya hingga ke dalam mulai dari kulit, paruh, bulu, lidah, kaki, kuku jari kaki, bahkan yang daging, tulang, dan organ. Bahkan sumsum tulang hitam. Darah mereka, meskipun tidak hitam, sangat berwarna gelap. Unik khan ? Penulis sendiri masih belum pernah makan daging ayam dengan daging yang hitam. Dalam dunia binatang ayam Cemani sangat langka dan unik. Makanya sangat mahal harganya. Melihat harganya yang sangat mahal ini ia disebut dengan "Lamborghini unggas." Namun walau demikian ada juga yang tidak hitam pada ayam Cemani, telurnya.
Advertisement

Pada tahun 1998 ayam ini di mulai diperkenalkan oleh seorang peternak berasal negeri Belanda. Banyak dari mereka yang menggemari binatang yang satu ini karena keunikan dari warna hitam yang mendominasi. Warna hitam yang ada pada ayam Cemani adalah merupakan sifat turunan atau genetik yang disebut  'fibromelanosis'. Dari  gen fibromelanosis inilah maka ayam Cemani bisa menjadi berwarna hitam. Menurut yang dikutip dari amusingplanet.com, gen fibromelanosis adalah mutasi yang berasal dari Asia pada 800 tahun yang silam. Nah di antaranya gen tersebut pindah ke ayam-ayam Indonesia.

Menurut keyakinan banyak orang di Asia khususnya di Indonesia ayam Cemani adalah unggas yang akan membawa keberuntungan. Bahkan ada keyakinan bahwa ayam Cemani memiliki kekuatan mistis yang tinggi. Kokoknya adalah suara keberuntungan. Itu menurut keyakinan orang Asia. Ayam Cemani bermanfaat khususnya bagi ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan. Kepercayaan lain mengatakan bahwa makan ayam Cemani akan membuat hati menjadi tenang dan tentram. 

Apapun keyakinan terhadap ayam Cemani yang satu ini, yang jelas harganya itu. Mahal sekali. Kayaknya anda harus mulai mencari ayam Cemani untuk dipelihara. Punya sepuluh ayam saja sudah cukup untuk membangun sebuah rumah.




0 Response to "Ayam Cemani Yang Langka, Harganya Mencapai Rp 32 Juta"

Posting Komentar

Popular Posts