4 Cara Memasak Sayuran Agar Kandungannya Tidak Hilang

Sayuran memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam sayuran. Karena manfaat itulah banyak orang dianjurkan mengkonsumsi sayuran.


Namun agar kandungan yang dimiliki sayuran tidak hilang meskipun sudah dimasak, anda harus memasaknya dengan benar. Sebab, jika salah dalam memasak, kandungan dalam sayuran bisa menghilang.
Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda praktekkan dalam memasak sayuran:

Dikukus
Mengukus adalah cara terbaik memasak sayuran. Dengan cara ini, seluruh kandungan serta cita rasa sayuran tetap bisa terjaga. Waktu mengukusnya juga jangan terlalu lama, cukup 5 – 10 menit saja. Usahakan sayur yang dikukus tidak terlalu banyak, agar sayuran bisa masak hingga bagian dalam.

Dipanggang
Cara memasak sayuran agar kandungannya tetap terjaga selanjutnya adalah dipanggang. Cara ini akan membuat sayuran tetap terjaga dari segi tekstur, warna, rasa dan tentunya kandungan gizinya yang tetap dapat dipertahankan. Saat memasak, oleskan sedikit minyak supaya tidak lengket.

Ditumis
Menumis sayuran juga salah satu cara memasak sayuran yang direkomendasikan. Cara menumis ada 2 macam, yaitu stir-fry dan sauté.
Stir-fry adalah menumis sayuran menggunakan wajan besar melengkung serta api yang juga besar. Agar matangnya merata, aduklah terus. Sedangkan sauté adalah memasak dengan menggunakan wajan datar serta api yang tidak terlalu besar.

Direbus
Merebus sayuran adalah cara yang sebaiknya anda hindari. Sebab banyak kandungan sayuran bisa hilang dengan cara memasak sayuran seperti ini. Namun jika anda terpaksa  harus memasak sayuran dengan cara direbus, maka masaklah sayuran ketika air mulai mendidik dan masak sesingkat mungkin.

0 Response to "4 Cara Memasak Sayuran Agar Kandungannya Tidak Hilang"

Posting Komentar

Popular Posts